“HATI-HATI !!! terhadap kebocoran oli mesin.

Kebocoran oli mesin FATAL !!! akibatnya ???

Kebocoran oli mesin merupakan hal sangat mungkin terjadi pada kendaraan kita, biasanya terjadinya kebocoran oli disebabkan oleh paking mesin yang sudah kaku, keras dan mati sehingga apabila mesin dinyalakan akan terjadi rembesan oli di sekitar paking mesin (lambat laun oli akan berkurang), atau bisa disebabkan pula oleh baut untuk menguras oli mesin rusak (karena pemasangan baut yang terlalu dipaksakan dan tidak tepat pada dratnya).

Perbedaan Sirkulasi oli mesin pada Mobil & Motor :

Gambar Sirkulasi oli mesin pada Mobil :

Gambar mesin Toyota Seri K

Garis merah menjelaskan tentang perjalanan oli di dalam mesin. Mesin terpisah menjadi dua bagian besar yaitu Bagian Blok Mesin dan Bagian Silinder Head, di Silinder head ada komponen Klep yang membutuhkan oli untuk pelumasan.

Untuk sirkulasi oli mesin di bantu dengan pompa oli sehingga oli dapat mencapai bagian yang paling atas (silinder head) sehingga pompa oli merupakan komponen mesin yang sangat penting dan tidak boleh rusak yang akan menyebabkan tidak adanya suplay oli mesin di bagian atas silinder head.



Gambar Sirkulasi oli mesin pada Motor 4 tak :



Berbeda sekali dengan sirkulasi oli mesin pada motor baik 4 tak atau 2 tak, dimana oli hanya diam di bagian bak kalter saja, sehingga oli pelumas hanya merendam bagian mesin paling bawah. Apabila terjadi kebocoran oli / kurang maka fungsi oli sebagai pelumasan tidak akan terjadi.

Untuk mengantisipasi permasalahan di atas atau persoalan kurangnya oli mesin di dalam mesin, kami menyarankan agar :

Periksalah oli mesin anda minimal 1 minggu sekali agar kita dapat memastikan bahwa oli mesin kita masih dalam ambang batas.
Jangan lupa untuk mengganti oli mesin dan filter oli sesuai anjuran dari teknisi mesin anda dan pasanglah baut penguras oli dengan baik.
Gunakan Nitro Metal Coating yang sudah teruji hasilnya sehingga terhindar dari kerusakan pada metal atau bagian mesin lainnya apabila terjadi kebocoran oli / berkurangnya oli pada mesin kendaraan anda.

“WASPADA !! jangan tunggu sampai mesin anda rusak karena kekurangan oli mesin, PERGUNAKAN SELALU Nitro Metal Coating untuk kenyamanan dan keamanan mesin kendaraan anda”

Salam Metal….

0 komentar:

Posting Komentar