Ganti Oli Mesin Sendiri

Ganti Oli Mesin Sendiri





Ganti oli mesin adalah pekerjaan yang mudah dan dapat dikerjakan sendiri, percayalah sekali anda melakukan seterusnya menjadi mudah. Yang sulit adalah kalau mau ganti saringan oli, karena perlu kunci kusus dan letaknya pada lokasi yang sulit dicapai. Berikut ini petunjukan praktis, lewat gambar, membuat anda mudah melakukannya. Hari ini hari Sabtu, mungkin anda punya cukup waktu, silahkan mencoba.
1. Siapkan oli sesuai permintaan pabrikan pembuat mobil. Sampai tahun 80 puluhan gunakan oli dengan API Service (ada tertulis pada kaleng oli) sampai SF, untuk tahun sembilan puluhan menggunakan oli SG dan untuk 2000 keatar menggunakan API Service SI atau SJ. Mesin mesin lama yang tidak menggunakan multi valve (banyak klep), bukan VVTi atau iVtec dan sebangsanya tidak perlu menggunakan oli sintetis atau semi sitetis, ini hanya pemborosan saja.
2. Parkir mobil pada tempat yang rata dengan bagian depan yang memudahkan lepas baut penyumbat yang berada pada karter. Sebaiknya tidak didongkrak, karena kalau di dongkrak maka bagian depan akan lebih tinggi.
3. Gunakan kunci ring yang sesuai dengan baut karter untuk melepaskan baut karter, umumnya ukurannya kunci ring 14 mm.
4. Letakan baskom persis dibawa lubang karter, hati hati waktu melepaskan baut itu agar tidak masuk ke daam baskom.
5. Lepaskan baut dan kemudian lepas tutup oli yang berada di bagian atas mesin. Tunggu sampai oli mengalir keluar habis dari karter.
6. Pasangkan kembali baut karter bagian bawa, dan isi oli sesuai jumlah yang diminta. Pastikan oli yang terisi dengan cara melihat permukaan oli pakai stik oli.
7. Gantilah oli setiap 5.000 km, dan ganti filter setiap 10.000 km. Pada mesin tertentu dan oli kualitas tertentu oli mesin di ijinkan sampai 10.000 km.
8. Jangan lupa mencatat kilometer ketika mengganti oli agar tepat mengganti pada saat penggantian oli berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar